Menu Tutup

Cara bermain game agar tidak ngelag di android

Bermain Game agar tidak Ngelag

Bermain game memang menyenangkan, ketika sedang bosan dirumah atau waktu luang (istirahat) selesai bekerja, bermain video game bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan bermain video game bisa menambah mood sehingga melakukan apapun menjadi senang. Pada tahun tahun ini banyak sekali game yang bermunculan baik itu online maupun offline.

Game online saat ini sangat mendominasi dalam pilihan permainan dibandingkan game offline. Bagaimana tidak, dengan bermain online memungkinkan anda bisa bermain bersama teman-teman dekat.

Tapi pernahkah anda merasakan hal yang tidak menyenangkan ketika bermain game online? Misalnya LAG. Bagi sebagian orang kelancaran bermain game dapat membantu mereka merasakan asyiknya bermain game, tapi ketika timbul LAG maka ke asyikan bermain game sirna begitu saja.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan LAG, dan yang paling umum dijumpai adalah soal jaringan. Ketika sedang bermain dan tiba-tiba Ping mulai tinggi dapat menyebabkan keterlambatan dalam game online.

Sama halnya dengan spek perangkat, ketika perangkat yang anda gunakan tidak mendukung untuk menjalankan game tersebut, jika dipaksakan akan mengakibatkan lag.

Nah disini saya akan menjelaskan beberapa cara agar bermain game tidak ngelag

1. Cek Jaringan

Ketika jaringan dirasa bagus dan memungkinkan untuk memulai sebuah video game online, maka silahkan jalankan video game tersebut.

Namun jika dirasa tidak bagus misalnya, sinyal anda tidak penuh dan jaringan tidak stabil dapat mengakibatkan lag, lag disini di artikan kedalam delay jaringan dan bisa diakali dengan mendekati tiang pemancar sinyal atau gunakan wifi yang berkecepatan tinggi.

Jika sudah medekati sinyal atau menggunakan wifi akan tetapi ping masih dirasa sangat tinggi (masih lag), anda bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Gamers GLtool.

Aplikasi ini berguna untuk mengubah DNS jaringan ke DNS yang lebih kencang seperti DNS CloudFlare, sehingga game yang di mainkan lebih lancar, berkesan dan menyenangkan.

2. Cek spesifikasi perangkat Android

Jaringan dirasa bagus ping rendah dan tidak ada masalah tapi tetap saja ngelag, nah ini bisa jadi disebabkan oleh android anda yang tidak mendukung dalam menjalankan game tersebut.

Cek versi aplikasi yang dirasa ngelag saat bermain, dan cek minimal spesifikasi perangkat yang mendukung untuk menjalankan game tersebut.

Jika dirasa spesifikasi atau versi game tersebut tidak mendukung dengan spesifikasi android anda, sudah dipastikan game tidak akan bisa dimainkan dengan nyaman dan normal misalnya FPS (frame per second) yang drop atau game tiba-tiba Force Close dan Hang.

3. Cek penyimpanan Android

Untuk menjalankan sebuah game, penyimpanan di dalam android anda tidak boleh benar-benar habis. Game membutuhkan sedikit ruang penyimpanan yang kosong minimal 1/4 dari total ukuran game tersebut.

Jangan coba-coba bermain game dengan penyimpanan yang benar-benar penuh, beberapa kasus kerusakan android sering terjadi misalnya file-file yang terdapat di dalam android korup dan tidak dapat di akses karena sibuknya lalulintas transfer data antara game ke memory dan menyebabkan beberapa file rusak.

Jika penyimpanan dirasa penuh, bersihkanlah file-file yang tidak penting menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ccleaner, selanjutnya bermain game akan terasa lancar.

4. Cek Memory / RAM

Random Akses Memory atau disingkat RAM, sangat berpengaruh apalagi dalam bermain game. Game-game besar yang berukuran jumbo seperti GTA San Andreas atau Mobile legends membutuhkan penggunaan RAM yang cukup besar, minimal 500 MB untuk GTA San Andreas.

Jika dirasa RAM sudah sedikit penuh, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi bawaan android untuk menghapus sistem berjalan yang tidak diperlukan.

5. Cek suhu Android

Suhu juga berpengaruh dalam kelancaran bermain game, Jika android anda dirasa sudah hangat dan menuju panas yang tidak normal, maka hentikan game tersebut.

Jikalau tetap dilanjutkan bermain maka anda akan merasakan LAG mulai dari FPS yang turun, hang hingga berakhir Force Close.

Saran saya, jaga suhu tetap normal dan bermain di ruangan yang dingin, setidaknya mampu untuk menurunkan suhu android anda ketika bermain game.

6. Cek Baterai

Baterai yang lowbat atau sudah lemah dan membutuhkan pengisian ulang juga sangat berpengaruh dalam proses kelancaran bermain game.

Persenan baterai yang bagus untuk bermain game adalah diatas 30%, jika dirasa sudah 25% kebawah maka performa perangkat akan berkurang karena kurangnya asupan daya pengolahan di dapur pacu perangkat sehingga bermain game bisa menjadi lag dan sedikit menggangu.

7. Tidak menggunakan program tambahan yang tidak penting.

Boleh dibilang, sekarang banyak aplikasi bawaan android yang tidak penting dan mungkin tidak akan pernah anda gunakan.

Setiap aplikasi yang sudah terinstall di android setidaknya membutuhkan sedikit penggunaan sistem, memory, penyimpanan dan jaringan.

Biarpun sedikit, dampak yang dirasakan bisa terlihat dan menggangu, mulai dari baterai yang terkuras karena aplikasi tersebut atau peng-update-an aplikasi secara tiba-tiba sehingga mengurangi kecepatan internet karena download.

Itulah beberapa cara agar bermain game di android tidak lag. Semoga bermanfaat

Postingan terkait :

Subscribe
Beritahu
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments