Menu Close

Cara membuat email dengan domain sendiri di GMAIL (Bisa tampil foto profil)

Fenambah foto profil email menggunakan domain email sendiri di GMAIL- DoronganCOM

Menggunakan domain sendiri sebagai email utama untuk website memanglah keren, dengan menggunakan email sendiri pada email utama website dapat menjadikan website anda lebih terlihat professional dan tambah keren.

Ngomong-ngomong soal email menggunakan domain sendiri, pasti anda memerlukan tempat atau aplikasi yang berguna untuk melihat email masuk? yap, anda dapat menggunakan aplikasi Gmail dengan cara meloginkan email anda yang berbentuk POP3 atau SMTP.

Cara ini cukup diminati oleh para blogger-blogger yang memiliki email dengan domain sendiri. Namun cara ini memiliki kekurangan, yaitu tidak dapat mengakses aplikasi google lainnya seperti youtube, Google drive DLL dan hanya bisa menggunakan aplikasi Gmail sebagai aplikasi email.

Dengan penjelasan di atas mungkin anda sedikit merasa

Yaudah lah mau gimana lagi?

Tapi, anda tidak perlu khawatir, ada cara yang cukup keren dan populer dikalangan blogger-blogger professional yaitu dengan mendaftarkan domain nya sendiri pada google untuk email utama (admin@domain-saya.com) dan mendapatkan akses sama seperti email berdomain Gmail seperti umumnya.

Lalu bagai mana caranya?

1. Silahkan kunjungi website Pendaftaran akun google

Daftar Email Google, Mengapa harus daftar? karena dengan daftar anda dapat mendapatkan berbagai akses istimewa sama halnya seperti Gmail (akun google) sendiri.

Berbeda dengan meloginkan akun SMTP atau POP3 yang hanya bisa untuk mengakses Gmail, itupun hanya di prangkat saja tidak bisa login di browser.

2. Klik “Gunakan alamat email saya saat ini sebagai gantinya


Klik “Gunakan alamat email saya saat ini sebagai gantinya”, untuk memasukkan email yang anda miliki (domain anda sendiri) Contoh : admin@domainsaya.com

3. Isi data data yang diperlukan dengan lengkap

  • Nama depan
  • Nama belakang
  • Alamat email anda (domain email milik anda)
  • Sandi
  • Konfirmasi sandi

Kemudian klik “Berikutnya

4. Verifikasi alamat email anda


Check email masuk di webmail anda dengan cara mengunjungi control panel, atau jika anda sudah meloginkannya dengan metode SMTP atau POP3 ke dalam aplikasi Gmail, silahkan di check langsung. kemudian masukkan kode konfirmasi.

5. Masukkan lagi data data yang diperlukan

Setelah selesai melakukan verifikasi, masukkan kembali data-data yang diperlukan seperti:

  • Nomor telepon (opsional / pilihan saja / tidak harus di isi)
  • Tanggal
  • Bulan
  • Tahun
  • Jenis kelamin

Kemudian klik “Berikutnya

6. Klik “Saya setuju” pada halaman Privasi dan Persyaratan

Sampai disini Proses pembuatan email pribadi di Google sudah siap dan anda dapat mengakses layanan google seperti pada umumnya kecuali, Gmail maka dari itu perhatikan langkah selanjutnya.

7. Kaitkan akun email anda pada Gmail

Kemudian klik “Kirim”

8. Verifikasi akun anda (Nomor telepon)

Verifikasi ini memerlukan nomor telepon aktif untuk mengirimkan kode, kemudian klik “Lanjutkan

9. Masukkan kode verifikasi yang masuk lewat pesan SMS atau Panggilan suara

Masukkan kode verifikasi yang masuk lewat SMS atau panggilan suara, kemudian klik “Lanjutkan

Selesai, sampai disini akun anda sudah di kaitkan dan siap digunakan sepenuhnya. Jika anda ingin mengganti foto profil, bisa langsung klik foto profil anda yang saat ini masih default. Unggah foto profil anda 🙂

Tambahan

Jika tujuan anda hanya ingin menampilkan foto profil, saat Email masuk ke Gmail menggunakan domain milik anda, anda tidak perlu melakukan pengaitan akun pada langkah ke 7 hingga 9 sebab pengaitan akun Google dengan domain milik anda akan berdampak pada berubahnya email utama (Email utama anda *admin@domain.com*).

Email utama anda akan berubah menjadi Admin-domain@gmail.com.

Lalu?

Anda hanya perlu melakukan langkah 1 sampai 6 dan ketika akun google dengan domain milik anda sudah jadi, ubahlah foto profil akun baru anda tersebut, dengan begitu kalau ada email masuk dari domain milik anda, otomatis akan menampilkan foto profil yang barusan anda ganti.

Selanjutnya, untuk login tetap menggunakan metode pop3/smtp untuk menghindari pengaitan akun dan berdampak tidak terlihatnya email utama milik anda pada pesan masuk

Selesai, semoga membantu

Postingan terkait :

2
Berkomentarlah dengan bijak dan gunakan nama asli.

avatar
1 Trit komentar
1 Balasan Trit
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
kang postingOmpian Recent comment authors
  Subscribe  
Terbaru Lama Paling banyak di voting
Beritahu
Ompian
Guest

Cara ini tidak ada batas waktu penggunaannya ya, mas. Gratis selama domain yang kita jadikan email itu aktif?